Bank Syariah Mandiri (BSM) 1660017381 an. Yayasan Al-Islam

Contact Center: 0856-8566-683

Tanya Jawab

Apakah Ada Dalilnya Membaca Surat Yasin Ketika Ta’ziyah ke Rumah Duka ? Apakah Doa yang diSunnahkan Ketika Ta’ziyah ? #13

DDC MENJAWAB #13

Pertanyaan:

Ustadz apakah ada dalilnya membaca surat yasin ketika ta’ziyah ke rumah duka ? apakah doa yang disunnahkan ketika ta’ziyah ? (Bpk Hary).

Jawab;

Pada dasarnya yasin dibacakan untuk mempermudah sekarat bagi yang hendak meninggal, hal itu pun masih terjadi khilaf (perbedaan) dikalangan ulama:

  1. Hanbali : Boleh
  2. Syafi’i : Tidak boleh

Namun sebaiknya ditinggalkan, sebab haditsnya Mudhtharib (goncang) bahkan didhoifkan oleh sebagian ulama.

Sebagai tambahan; kita tidak pernah mendapati khilaf (perbedaan pendapat) dikalangan Ulama Madzhab tentang pembacaan yasin setelah mayit dikuburkan. Lalu dari mana munculnya sehingga hal itu bisa kita katakan sesuai dengan sunnah ?

Maka yang perlu  diingat; apabila khilaf masih dalam koridor madzhab, tentu hal itu masih dapat ditolerir. Namun, jika keluar dari itu, bisa dimungkinkan salah satu pendapat ada yang salah.

Apabila kepada mayit yang hendak meninggal, agar dimudahkan sekaratnya, maka boleh dilakukan. Sebab, ini masih khilaf madzhab. Namun, sekali lagi, karena haditsnya mudhtharib, maka sebaiknya ditinggalkan.

Adapun do’a yang di sunnahkan ketika ta’ziyah, tidak ada lafadh secara khusus untuk berta’ziyah. Tetapi ada contoh dari Nabi yaitu lafadh seperti yang diriwayatkan Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhu bahwa seseorang memberitahukan kepada beliau bahwa salah satu anaknya meninggal, supaya beliau datang, maka beliau menyampaikan pesan kepadanya :

أَنَّ لِلَّهِ مَا أَخَذَ وَلَهُ مَا أَعْطَى وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ بِأَجَلٍ مُسَمًّى فَمُرْهَا فَلْتَصْبِرْ وَلْتَحْتَسِبْ

“ Sesungguhnya milik Allah-lah  apa yang Dia ambil, dan kepunyaan-Nyalah apa yang Dia berikan. Segala sesuatu yang ada di sisi-Nya ada jangka waktu tertentu (ada ajalnya). Maka hendaklah dia bersabar dan mengharap pahala dari Allah. (HR. Bukhari,1284 dan Muslim, 923).

Begitu juga lafadh lain sebagaimana di dalam hadits Abdullah bin Ja’far radhiyallahu ‘anhu, ketika Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berta’ziyah atas kematian bapaknya beliau berdo’a :

اللهُمَّ اخْلُفْ جَعْفَرًا فِي أَهْلِهِ، وَبَارِكْ لِعَبْدِ اللهِ فِي صَفْقَةِ يَمِينِهِ “، ثَلَاثَ مَرَّاتٍ،

“ Ya Allah, gantikan J’afar pada keluarganya, dan berkatilah Abdullah di dalam perdagangannya “(beliau ucapkan tiga kali)“ ( HR. Abu Daud, 4192, Nasai, 8604, Ahmad, 240 )

Boleh mendoakan dengan doa-doa lain yang dipilih oleh yang berta’ziyah, seperti :

رَحِمَكَ اللهُ وَآجَرَكَ

“ Semoga Allah merahmatimu, dan memberimu pahala.” (lihat al-Qarrafi di dalam adz-dzakhirah (2/481)

أَعْظَمَ اللهُ أَجْرَكَ وَأَحْسَنَ عَزَاكَ وَرَحِمَ مَيِّتَكَ

“ Semoga Allah melipatkan pahalamu, memberimu pelipur lara yang baik, dan semoga Dia memberikan rahmat kepada si mayit.” ( lihat Ibnu Qudamah, al-Mughni (3/486).

Wallahu a’lam

Semoga bermanfaat…

Lajnah Ilmiyyah DDC

 

—————-?====?————

      ?  -☄DDC☄ –

   Donasi Dakwah Center

?Alamat: Jl. Kp Sawah No 39A Jati Melati Pondok Melati Bekasi

✅ www.donasidakwahcenter.com

✅Rekening: BSM 16600 173 81  an.Yayasan Al ISLAM

✅ www.twitter.com/Alislam_DDC

✅Fb/Fp: www.facebook.com/alislamb

✅ DDC Channel YouTube

?YUK BERGABUNG BERSAMA KAMI  !…

?☑KLIK Telegram_DDC http://goo.gl/jt4Y3a

?? Grup WA :

    ?0838 7984 9097

(Nama#alamat#No wa)

Flag Counter