Bank Syariah Mandiri (BSM) 1660017381 an. Yayasan Al-Islam

Contact Center: 0856-8566-683

Tanya Jawab

Dimana letak keadilan Allah terhadap seseorang yang lahir dari keluarga non Muslim?

TANYA JAWAB RINGAN AQIDAH
.

001.Pertanyaan:

Afwan Ust, dimana letak keadilan Allah terhadap seseorang yang lahir dari keluarga non Muslim, dibesarkan di lingkungan mereka sehingga ia menjadi ahli neraka ? (Ukhti Narogong Bekasi)

๐Ÿ“š Jawab :

Alhamdulillah was shalatu was salamu ala Rasulillah….

๐Ÿ”—Ukhti yang semoga senantiasa dirahmati Allah…

๐Ÿ”—Pertanyaan anda cukup bagus dan logis. Berikut ini jawaban yang bisa kami berikan semoga mudah dipahami.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam memang telah bersabda:

ูƒูู„ูู‘ ู…ูŽูˆู’ู„ููˆู’ุฏู ูŠููˆู’ู„ูŽุฏู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ููุทู’ุฑูŽุฉูุŒ ููŽุฃูŽุจูŽูˆูŽุงู‡ู ูŠูู‡ูŽูˆูู‘ุฏูŽุงู†ูู‡ู ุฃูŽูˆู’ ูŠูู…ูŽุฌูู‘ุณูŽุงู†ูู‡ู ุฃูŽูˆู’ ูŠูู†ูŽุตูู‘ุฑูŽุงู†ูู‡ู

โ€œSetiap anak yang terlahir ke dunia berada diatas fitrah, maka kedua orang tuanya lah yang menjadikan ia Yahudi, Majusi, atau Nasrani (HR. Bukhari dan Muslim dengan redaksi yang sedikit berbeda).

๐Ÿ”—Hadits diatas menjadi dalil bahwa setiap anak adam yang lahir ke dunia pada dasarnya berada diatas fitrah Islam. Namun kedua orang tanya yang merubah mereka dari karakter kefitrahannya. Artinya lingkungan mereka memang sangat mempengaruhi perubahan itu. Dan itulah salah satu ujian berat bagi mereka.

๐Ÿ”—Tapi yang tidak boleh dilupakan ketika menginjak dewasa mereka pun pada dasarnya telah diberikan akal (ilham, red) untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang benar dan mana yang salah.

Allah berfirman:

ููŽุฃูŽู„ู’ู‡ูŽู…ูŽู‡ูŽุง ููุฌููˆุฑูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุชูŽู‚ู’ูˆูŽุงู‡ูŽุง (ูจ)

Maka Allah telah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. (QS. As-Syams: 8)

๐Ÿ”—Disitulah seharusnya mereka bisa menentukan pilihannya. Terlebih Allah pun telah mengutus seorang Rasul untuk menyebarkan ajaran Islam. Apalagi di era zaman hari ini, hampir tidak mungkin risalah Islam tidak sampai ke telinga mereka, baik itu lewat berbagai media seperti radio, gadget, televise, internet dan yang lainnya.

๐Ÿ”—Berbagai sarana hidayah telah Allah berikan kepada setiap hamba, baik itu muslim maupun non muslim. Dan disitulah letak keadilan Allah. Tinggal bagaimana mereka menggapai hidayah dari sarana yang telah Allah berikan tersebut.

_Dan yang perlu difahami juga, tidak semua orang yang terlahir dari keluarga muslim otomatis akan menjadi ahli surga. Karena berapa banyak hari ini yang mengaku muslim, lahir dari keluarga muslim, hidup di lingkungan kaum muslimin, namun ia tidak pernah melaksanakan ajaran Islam itu sendiri, sehingga tidak menutup kemungkinan ia pun akan menjadi ahli neraka.

๐Ÿ”—Dan sebaliknya berapa banyak orang yang terlahir dari keluarga non muslim, hidup dilingkungan non muslim namun kemudian ia berani mengambil keputusannya untuk memeluk Islam dan mengamalkan ajaran Islam itu sendiri bahkan ia menjadi lebih baik dari orang yang mengaku muslim pada umumnya sehingga ia pun layak menjadi ahli surga. Nah sekali lagi, disitulah keadilah Allah terjadi.

Wallahu Aโ€™lam Bis-Showwab.

Abu Zidni, Bekasi 25/10/2017

www.donasidakwahcenter.com

Flag Counter