Bank Syariah Mandiri (BSM) 1660017381 an. Yayasan Al-Islam

Contact Center: 0856-8566-683

Tanya Jawab

Do’a Untuk Orang Tua

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz,

Bismillah..maaf mau tanya arti dari doa untuk kedua orang tua; “Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku sayangilah mereka seperti mereka menyayangi ku diwaktu kecil ku”

Minta penjelasannya bagaimana jika orang tua berlaku kasar ketika mendidik sewaktu kecil apa lagi sampai ada yang mau menggugurkan. (Ika Wahyuni)

Jawaban:

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Orang tua adalah orang yang paling berjasa bagi kita. Sekiranya tidak ada orang tua, niscaya kita tidak pernah menghirup udara segar di dunia ini. Karenanya, Islam menjadikan hak-hak orang tua di atas segala hak makhluk hidup di dunia ini.

Hak orang tua adalah hak yang wajib kita penuhi setelah hak-hak Allah ta’ala. Sampai-sampai, kalau pun mereka memaksa kita untuk berbuat maksiat dan menyekutukan Allah, kewajiban kita untuk berbakti kepadanya tidak pernah berubah. Kita tetap wajib berbakti, walau kita tidak boleh mematuhinya (dalam berbuat maksiat dan menyekutukan Allah).

Dengan demikian, tidak ada alasan bagi anak untuk tidak berbakti walau si ibu telah berbuat durhaka kepada Allah, berbuat maksiat dan lainnya. Kesalahan ibu tidak bisa menjadi alasan bagi anak untuk berbuat salah atau membalas kesalahan dengan kesalahan. Bila dengan orang lain yang berbuat jahat saja, kita diperintahkan untuk membalasnya dengan yang baik, apalagi bila yang berbuat salah adalah ibu kita sendiri. Baca dan renungkan ayat ke-34 surat Fushshilat.

Berbakti kepada Ayah Ibu (birrul walidain) adalah kewajiban anak dan menjadi hak orangtua. Diantaranya dengan cara mendo’akannya. Menasihati mereka bila mereka salah merupakan bagian berbakti kepada orang tua juga, namun hendaklah dilakukan dengan sabar dan tawakkal.

Jika setelah dinasihati kedua orang tua tidak berubah maka selalu upayakan untuk melantunkan doa agar Allah memberi hidayah untuk kedua orang tuanya. Jangan putus berdo’a, ulangi dan jangan merasa bosan untuk mendoakan kedua orang tua kita. Seberapa pun kecewanya kita terhadap orang tua, mereka tetap punya hak untuk dihormati, diperlakukan dengan baik dan didoakan.

Jangan bosan mengetuk pintu langit karena pintu Allah selalu terbuka dari doa hamba-Nya.

Wallahu a’lam bisshawab.

Oleh: Sabiq Muslim

Flag Counter