Bank Syariah Mandiri (BSM) 1660017381 an. Yayasan Al-Islam

Contact Center: 0856-8566-683

Artikel

HURU-HARA KIAMAT BAG. 01 

 

(Mukaddimah) Tanda-tanda Kiamat Kubro

Banyak dari kita yang sering mendengar bahwa kiamat akan terjadi pada hari Jum’at, tapi apakah hal ini benar? Apa yang menjadi dasar tersebarnya berita ini? Karena memang sesungguhnya dalam Islam sendiri hari Jum’at merupakan sebuah hari yang dinilai paling utama. Banyak terjadi hal-hal besar di hari Jum’at seperti diciptakannya Adam, dan dimasukkannya Adam ke dalam surga. Hari Jum’at juga ternyata merupakan hari dimana Adam dikeluarkan dari surga Allah dan diturunkan ke Bumi.

Dari Aus bin ‘Aus, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ

“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jum’at. Di hari itu, Adam diciptakan;  hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan.” (HR. Abu Daud no. 1047, An Nasai no. 1374, Ibnu Majah no. 1085 dan Ahmad 4: 8. Hadits ini shahih kata Syaikh Al Albani)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيْهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ، وَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا، وَلاَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِيْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit adalah hari Jum’at. Pada hari Jum’at Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga dan pada hari Jum’at itu juga dia dikeluarkan dari Surga. Hari Kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR.  Muslim no. 854).

Meskipun demikian, Allah tidak begitu saja membiarkan hambanya dalam kebimbangan. Allah telah mengabarkan kepada kita mengenai tanda-tanda yang menjadi indikasi datangnya hari kiamat, baik dalam nash Al-Qur’an maupun dari lisan Nabi-Nya yang mulia.

Tanda-Tanda Besar Kiamat

Rasulullah -Shalallahu ‘alaihi wa salam- telah memastikan sepuluh tanda-tanda besar terjadinya hari kiamat setelah semua tanda-tanda kecil dan sedang terjadi dan selesai.

Dalam sepuluh tanda-tanda besar dan terakhir ini terjadi fitnah, ujian dan cobaan yang sangat besar dan dahsyat. Pada saat itu, hati manusia terbagi-bagi dan campur aduk antara kekafiran dan keimanan, antara kejujuran dan kedustaan. Bahkan hati manusia pada saat itu dapat berbalik dari keimanan menuju kekafiran atau sebaliknya dalam satu hari. Ia bisa kafir pada sore hari dan mukmin pada pagi harinya. Atau pada pagi hari kafir dan pada sore hari beriman, disebabkan oleh dahsyatnya malapetaka, cobaan dan ujian.

Orang yang lemah imannya pada saat itu akan tumbang, sedangkan orang yang kuat imannya akan tetap teguh. Itulah kelompok dari umat Muhammad yang selalu eksis. Fitnah dan orang-orang yang menyelisihi mereka tidak dapat membahayakannya. Karena ilmu dan kekuatan agama mereka terhujam kokoh di dalam jiwanya.

Tanda-tanda besar berbeda dengan tanda-tanda kecil dan sedang, karena tanda-tanda kecil dan sedang terjadi dalam waktu yang saling berjauhan, sedangkan tanda-tanda besar hari kiamat terjadi secara berurutan, bahkan sebagiannya terjadi dalam satu waktu.

Rasulullah -Shalallahu ‘alaihi wa salam- telah membicarakan tanda-tanda besar hari kiamat dalam berbagai hadits. Baik dengan hadits-hadits yang menyebutkan satu atau dua tanda-tanda besar hari kiamat sekaligus maupun salah satu dari kesepuluh tanda-tanda besar tersebut, ditambah dengan satu tanda besar lain yang tidak disebut dalam hadits mulia yang menghimpun sepuluh tanda-tanda besar hari kiamat.

Tanda-tanda besar tersebut telah dihimpun dan disusun secara berurutan berdasarkan alur, keserempakan dan keterpisahan peristiwa. Ini merupakan ijtihad yang mengkompromikan ijtihad ulama, ahli fikih, para peneliti dan penulis buku yang lain.

Tanda-tanda besar datangnya hari kiamat :

  1. Kemunculan Al-Mahdi dankekhalifahannya.
  2. Al-Malhamah Al-Kubra dan penaklukan Konstantinopel.
  3. KeluarnyaDajjal (Al-Masih Ad-Dajjal).
  4. Turunnya Isa bin Maryam -‘alaihisalam-.
  5. KeluarnyaYa’jujdanMa’juj.
  6. Asap.
  7. Matahariterbitdaribarat.
  8. Keluarnyabinatangmelata.
  9. Keusangan Islam, pengangkatanmushafdanmanusiakembalike masa jahiliyahdanmenyembahberhala.
  10. PenghancuranKa’bah.
  11. Tigagerhana.
  12. Anginlembut yang mengangkatruh orang-orang mukmin.
  13. Api yang keluardaripusatkotaAdn yang menggiringmanusiamenujubumiMahsyar.wallahua’lam.

 

Sumber :

? Buku : HURU HARA KIAMAT

? Penulis : SYAIKH MAHIR AHMED

 

—————-?====?—————

DDC -Donasi Dakwah Center-

Yayasan Al Islam

?Alamat: Jl. Kp Sawah No 39A Jati Melati Pondok Melati Bekasi

✅Join us 0856-9490-8320

Nama#Alamat#No Wa

✅ www.donasidakwahcenter.com

✅Rekening: BSM 16600 173 81  an.Yayasan Al ISLAM

✅ www.twitter.com/Alislam_DDC

✅Fb/Fp: www.facebook.com/alislamb

Flag Counter