Bank Syariah Mandiri (BSM) 1660017381 an. Yayasan Al-Islam

Contact Center: 0856-8566-683

Artikel

Infak Ummul Mukminin Zainab binti Jahsy

Aisyah berkata, “Rasulullah bersabda: “Yang paling cepat menyusulku di antara kalian ialah yang paling panjang tangannya. ‘Aisyah berkata, ‘Kamipun saling mengukur tangan kami agar mengetahui siapa yang paling panjang tangannya. Dan ternyata istri beliau yang paling panjang tangannya ialah Zainab karena ia bekerja dengan tangannya sendiri dan selalu bersedekah.’” (HR.Al-Bukhari dan Muslim)

 

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Aisyah berkata, “Bila kami berkumpul di kediaman salah seorang di antara kami sepininggal Nabi, kami selalu mengukur tangan-tangan kami di tembok untuk mencari tahu siapa yang tangannya paling panjang. Kami masih saja melakukan hal itu hingga setelah Zainab binti Jahsy meninggal. Dan ternyata ia adalah wanita yang tangannya paling pendek, bukan yang paling panjang di antara kami. Kami akhirnya mengerti bahwa yang dimaksud panjang tangan oleh Nabi ialah yang suka bersedekah, dan Zainab ialah wanita pekerja dengan tangannya. Ia menyamak kulit, menyulam, dan bersedekah di jalan Allah.”

 

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Zainab merajut pakaian lalu memberikannya kepada pasukan Nabi. Mereka menjahit dan memanfaatkannya untuk perang.

 

Flag Counter