Bank Syariah Mandiri (BSM) 1660017381 an. Yayasan Al-Islam

Contact Center: 0856-8566-683

Artikel

KOMUNIKASI ALA NABI ﷺ Bag. 5

MEMPERTIMBANGKAN DAYA NALAR LAWAN KOMUNIKASI

 

ﻧَﻀَّﺮَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺍﻣْﺮَﺃً ﺳَﻤِﻊَ ﻣِﻨَّﺎ ﺣَﺪِﻳْﺜًﺎ ﻓَﺤَﻔِﻈَﻪُ ﻓَﺄَﺩَّﺍﻩُ ﺇِﻟَﻰ ﻣَﻦْ ﻫُﻮَ ﺃَﺣْﻔَﻆُ ﻣِﻨْﻪُ ﻓَﺮُﺏَّ ﺣَﺎﻣِﻞِ ﻓِﻘْﻪٍ ﻟَﻴْﺲَ ﺑِﻔَﻘِﻴْﻪٍ ﻭَﺭُﺏَّ ﺣَﺎﻣِﻞِ ﻓِﻘْﻪٍ ﺇِﻟَﻰ ﻣَﻦْ ﻫُﻮَ ﺃَﻓْﻘَﻪُ ﻣِﻨْﻪُ

Semoga Allah melimpahkan kebahagiaan kepada orang yang mendengarkan suatu hadits dari kami, kemudian menghafalnya hingga ia sampaikan kepada orang lain. Boleh jadi ada orang yang menyampaikan ilmu padahal dia bukan seorang yang faqih. Boleh jadi juga ada orang yang menyampaikan ilmu kepada orang yang lebih faqih darinya. (Ahmad, Abu Dawud, At Tirmidzi, Ad Darimi)

Perbedaan kemampuan manusia dalam menganalisis dan memahami sesuatu adalah bagian kodrat ilahi. Fakta ini membuktikan adanya kadar pengetahuan yang bervariasi sehingga di masyarakat kita menemukan ulama-ulama dengan berbagai tingkatan keilmuan agama. Pada saat yang sama, kita menemukan orang-orang bodoh dengan berbagai tingkatan pula.

Mengabaikan perbedaan kemampuan otak atau daya nalar orang yang diajak berkomunikasi sering kali berujung pada kegagalan misi Anda.

Kekacauan yang berkepanjangan atau melebar ke arah yang tidak menentu terjadi akibat lawan bicara salah memahami maksud perkataan Anda.

Sikap yang bijaksana adalah selalu mempertimbangkan kemampuan lawan. Perkirakanlah kemampuannya dalam memahami maksud/tema pembicaraan Anda.

MEMBANGUN JEMBATAN SEBELUM MENYEBERANG

Di antara ganjalan komunikasi adalah kondisi jiwa atau pikiran lawan bicara, sedang hanyut dalam aktivitas yang melibatkan fisik maupun kerja otak. Akibatnya, dia belum siap untuk menerima berbagai informasi, termasuk pertanyaan atau permintaan yang Anda sampaikan.

Berusahalah menarik perhatian lawan komunikasi pada situasi dan kondisi yang memungkinkan. Sewaktu momentum hadir, Anda dipersilahkan memberi atau meminta informasi dari lawan bicara Anda.

Sikap bijaksana demikian -yang diibaratkan seperti membangun jembatan sebelum menyeberang- mudah ditemukan pada setiap kisah komunikasi yang dilakukan Nabi kita, Muhammad Shollallahu ‘alaihi wasallam.

Tercapainya informasi dan terwujudnya kepentingan tertentu, mengindikasikan keberhasilan komunikasi.

 

 

—————-?====?—————

DDC -Donasi Dakwah Center-

YAYASAN AL ISLAM

?Alamat: Jl. Kp Sawah No 39A Jati Melati Pondok Melati Bekasi

✅Join us 0856-9490-8320

Nama#Alamat#No Wa

www.donasidakwahcenter.com

✅Rekening: BSM 16600 173 81  an.Yayasan Al ISLAM

www.twitter.com/Alislam_DDC

✅Fb/Fp: www.facebook.com/alislamb

✅Telegram: telegram.me/DonasiDakwahCenter

 

Flag Counter